10 Rahasia Mengambil Catatan Kuliah yang Luar Biasa

kuliah

1. Tulis lebih banyak, bukan lebih sedikit. Anda harus menulis untuk sebagian besar kuliah. Tentu, ini masalah keseimbangan dan penekanan yang cukup sehingga Anda telah menangkap sebagian besar detail, sambil menyoroti poin utama sehingga Anda dapat melihat bagaimana kuliah disusun. Tetapi dalam pengalaman kami, jauh lebih umum bagi siswa untuk menulis hampir tidak cukup daripada terlalu banyak menulis. Rule of thumb: lima belas menit kuliah harus menghasilkan satu halaman catatan (atau, dengan kata lain, tiga hingga empat halaman catatan untuk jam kuliah khas).

2. Gunakan informasi sebelumnya. Jika profesor telah memberikan judul untuk masing-masing kuliah pada silabus atau telah memberikan pertanyaan studi sebelum setiap kuliah, pastikan Anda membiasakan diri dengan ini sebelum datang ke kelas. Semakin banyak yang Anda ketahui tentang apa poin utama dari kuliah ini, semakin mudah untuk membuat catatan. Anda akan tahu apa yang Anda cari. 3. tulis ide-ide profesor, bukan milikmu. Beberapa siswa menuliskan catatan mereka dengan pertanyaan, refleksi, pendapat, dan asosiasi bebas mereka sendiri. Tetapi intinya membuat catatan adalah untuk mendapatkan terjemahan yang baik dari apa yang dikatakan profesor. Itu yang akan di tes. Tinggalkan pemikiran Anda sendiri untuk sesudahnya atau untuk jurnal pribadi Anda.

4. Pendaftaran STIE RIAU AKBAR Lupakan “sistem” pencatatan yang rumit. Bertentangan dengan apa yang mereka katakan kepada Anda, tidak perlu menggunakan Cornell Note-Taking System, Mind Mapping, atau “Five R’s Good Note Taking” (apa pun itu). Ini lebih dari cukup untuk sekadar menghitung poin profesor (dan mungkin memiliki satu atau dua sub nomor). Mengkhawatirkan sistem hanya akan memperlambat Anda dan dapat mengubah bentuk ceramah yang sebenarnya. Selalu ada waktu untuk kembali lagi nanti dan menyusun catatan Anda.

5. Jangan zona masuk dan keluar. Anda terbiasa dengan konten yang dikirim dalam dua puluh detik. Tetapi profesor itu terbiasa menyingkap gagasannya dalam segmen lima belas hingga dua puluh menit. Latih diri Anda untuk fokus-dan menulis-untuk interval yang lebih lama. Yang terpenting, jangan terganggu oleh kegiatan lain yang mungkin terjadi di sekitar Anda di ruang kuliah – atau di iPhone, iPad, atau Game Boy Anda.

6. Berikan perhatian khusus pada awal dan akhir. Seringkali bagian terpenting dari perkuliahan adalah dua menit pertama dan dua menit terakhir, tepat ketika banyak siswa menyeret kursi mereka atau mengepak tas mereka. Banyak profesor memulai kuliah mereka dengan meninjau poin-poin utama dari kuliah terakhir dan mendaftar poin-poin utama yang akan mereka bahas dalam kuliah ini. Dan mereka menyimpulkan kelas dengan ringkasan poin-poin utama yang telah mereka bahas dan kadang-kadang sebuah indikasi tentang apa yang akan mereka lakukan selanjutnya. Pastikan untuk mencatat dengan cermat selama momen bernilai tinggi ini.

7. Cari petunjuk verbal. Profesor sering mencoba untuk menandai poin paling penting dalam perkuliahan dengan frasa seperti “titik kuncinya adalah …,” “sangat penting untuk mencatat bahwa …,” dan “orang harus ingat bahwa …” Lihat untuk indikator ini dari landasan kuliah. Dan cobalah untuk menuliskan kata demi kata, jika Anda bisa-bahan yang mengikutinya.

8. Fokus pada struktur. Setiap kuliah memiliki plot: titik sentral dengan serangkaian langkah yang membangun titik ini. Tetap fokus pada plot – dan subplotnya – dan cobalah untuk menangkapnya dalam catatan Anda. Terus bertanya pada diri sendiri: Apa inti dari kuliah? Bagaimana setiap poin individu berkontribusi pada plot keseluruhan? Mengapa profesor memilih untuk membuat poin-poin ini daripada yang lain?

9. Waspadai PowerPoint. PowerPoint (dan hal-hal yang ditulis di papan tulis) biasanya cukup menguraikan garis-pengingat kepada para profesor apa yang harus dikatakan. Pastikan Anda menuliskan penjelasan garis besar ini dalam catatan Anda, bukan hanya garis besarnya sendiri. Datang waktu ujian, Anda akan berada di belakang bola delapan jika semua yang Anda miliki di catatan Anda adalah petunjuk ini yang digunakan profesor.

10. Selalu lakukan sendiri. Jangan mengalihdayakan pembuatan catatan Anda ke teman Anda, ke “catatan kuliah” profesional (dijual di toko kampus), atau ke grup pembuat catatan Anda. Membuat catatan untuk diri sendiri adalah satu-satunya cara terbaik untuk terlibat dalam-dan mengingat-kuliah. Belum lagi itu benar-benar akan membuat Anda pergi kuliah, yang merupakan prestasi tersendiri.

BY STIE RIAU AKBAR

 

 

No Responses

ADD YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *